Home Nusantara Nasional Ahok, Man of the Year 2015

Ahok, Man of the Year 2015

SHARE
Ahok, Man of the Year 2015 (foto: beritasatu.com)
Ahok, Man of the Year 2015 (foto: beritasatu.com)

Jakarta – Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dinobatkan sebagai “Man of The Year” oleh majalah Globe Asia edisi Januari 2015. Majalah tersebut menilainya dari gaya bicaranya yang keras dan blak-blakan yang mampu menorehkan sejarah bagaimana seorang minoritas dapat memegang jabatan politik penting Indonesia.
Fenomena Ahok disejajarkan dengan Bobby Jindai, seorang India-Amerika, yang menjabat sebagai gubernur Lousiana, Amerika Serikat. Keduanya sama-sama mempunyai gaya bicara keras dan program revolusi birokrasi yang tak tebang pilih.
Menurut majalah tersebut, Ahok tak pernah dirasa berada di bawah bayang-bayang Joko Widodo (Jokowi), mantan Gubernur Jakarta. Ahok mempunyai cara kerja yang berbeda dengan Jokowi yang terkenal dengan blusukan-nya.
“Jokowi, dengan komunikasi politik blusukan, bertemu dengan rakyat dan melihat langsung masalah-masalah mereka. Sedangkan, Ahok tetap di Balai Kota mengatasi masalah-masalah internal,” demikian tulis Globe Asia.
Ahok, mantan Bupati Belitung Timur itu berencana mengganti sekitar 3000 pegawai Pemerintahan Provinsi (Pemprov) dengan orang-orang baru pada 2015 ini. Dia menyadari bahwa keputusan ini tentunya akan menghasilkan friksi-friksi politik tetapi dia yakin 2016 birokrasi akan berjalan lancar.
Dalam wawancaranya dengan majalah tersebut, Ahok jujur berkata bahwa dia tidak suka ditentang hanya karena dia keturunan Tionghoa beragama Kristen. Hal tersebut menurutnya tidak adil karena dia ingin dinilai sesuai kinerjanya.
“Satu-satunya yang bisa mereka (pengkritik) lakukan adalah tidak memilih saya lagi di masa jabatan berikutnya. Jadi saya sekarang fokus dengan waktu tiga tahun tersisa agar bisa memberi bukti ke mereka kalau sudah ada yang saya kerjakan,” ujar Ahok seperti dilansir dari beritasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here