Home Berita Pilihan Abraham Samad tak Setuju Johan Budi Mundur

Abraham Samad tak Setuju Johan Budi Mundur

SHARE
Abraham Samad (foto: liputan6.com)
Abraham Samad (foto: liputan6.com)

Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad secara pribadi menolak Johan Budi untuk mundur dari jabatan Juru Bicara (Jubir) KPK. Meskipun begitu, secara resmi belum ada keputusan untuk mengabulkan permohonan pengunduran diri tersebut. Samad dan pimpinan KPK lainnya masih memertimbangkannya.

“Mencermati kondisi dan situasi yang berkembang di lembaga KPK, sekaligus posisi sebagai Deputi Pencegahan, maka bersama ini saya menyampaikan pengunduran diri sebagai Juru Bicara KPK,” demikian pernyataan Johan Budi pada Senin (5/1) lalu.

Johan Budi yang menjabat sebagai Jubir KPK sejak 2006 telah beberapa kali mengajukan surat pengunduran diri. Pada Juli 2011, dia menyatakan ingin mundur karena dituding mempunyai keterkaitan dengan kasus suap Wisma Atlet oleh Muhammad Nazaruddin, mantan Bendahara Umum Partai Demokrat. Dia ingin memberi keleluasaan penyidik untuk memeriksanya. Selain itu, dia ingin fokus pada proses seleksi calon pimpinan KPK. Namun, pimpinan KPK, tegas menolak pengunduran diri Johan Budi.

Selain Jubir KPK, Johan Budi seringkali merangkap jabatan. Sejak Oktober 2014, dia merangkap jabatan sebagai Direktur Pencegahan KPK. Pada 2008-2009, dia merangkap sebagai Juru Bicara dan Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK. Dan di tahun 2009, dia menjadi Kepala Biro Humas KPK.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here