Home Nusantara Ahok Rencanakan Penghapusan Sistem Setoran Bus Tahun 2016

Ahok Rencanakan Penghapusan Sistem Setoran Bus Tahun 2016

SHARE
(foto: metrotvnews)
(foto: metrotvnews)

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menargetkan untuk menghapus sistem setoran angkutan umum. Ditemui di Balai Kota Jakarta Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (9/1), Ahok menyatakan akan mengujicoba beberapa trayek secara bertahap.

Sistem setoran akan dihapus untuk mengatasi angkutan umum yang ngetem sembarangan. Hal ini ditengarai sebagai salah satu penyebab kemacetan di Jakarta. Jika setelah melalui evaluasi memang terbukti efektif mengurangi macet, kebijakan ini sudah bisa diterapkan pada tahun 2016.

Sebagai ganti sistem setoran, akan dilakukan pembayaran sistem per kilometer. PT Transjakata akan mengelola semua bus kota. Apabila bus sepi, hal itu tidak akan memengaruhi besarnya gaji yang dibayarkan.

Sebelumnya di (12/11/2014), Emanuel Kristanto, Ketua Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan (Diphub) DKI Jakarta, pernah berkata bahwa selain sistem gaji, Dinas Perhubungan akan memberlakukan Sistem Terpadu Satu Pintu untuk mengurus perijinan operasional angkutan. Lembaga itu tidak akan mengurusi masalah perijinan lagi melainkan hanya mengeluarkan kebijakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here