Home Nusantara Nasional Tarif Listrik Dua Golongan Pelanggan Belum Naik

Tarif Listrik Dua Golongan Pelanggan Belum Naik

SHARE
(foto: ervinekiddies)
(foto: ervinekiddies)

Jakarta – Tarif listrik untuk golongan rumah tangga (rt) R1 berdaya 1.300 VA dan R1 berdaya 2.200 VA seharusnya naik per 1 Januari 2015. Namun, pemerintah menunda kenaikan tersebut dan akan membahasnya dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) Jarman membenarkan bahwa tarif penyesuaian ini sudah disetujui DPR periode lalu.

Dalam pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), DPR sudah setuju bahwa tarif untuk delapan golongan pelanggan PLN dinaikkan. “Tarif listrik delapan golongan itu sudah dicabut bertahap sampai 1 November 2014 dan selanjutnya diterapkan adjustment tariff mulai 1 Januari 2015,” ujarnya seperti dilansir dari kompas, Kamis (8/1).

Alasan PLN mengajukan penundaan tarif listrik penyesuaian untuk dua dari 12 golongan pelanggan adalah daya beli konsumen golongan tersebut. Maka, para pelanggan rt 1.300 VA dan 2.200 VA masih memakai tarif nonsubsidi per November 2014 yakni Rp 1.352/kWh. Seharusnya, tarif kedua golongan tersebut Rp 1.496,05/kWh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here