Home Berita Pilihan Jokowi Tunjuk Budi Gunawan Jadi Kapolri

Jokowi Tunjuk Budi Gunawan Jadi Kapolri

SHARE
Budi Gunawan (foto: inilah)

Jakarta – Beredar surat penunjukan Komisaris Jenderal Drs. Budi Gunawan, MSi. sebagai Kepala Polisi Republik Indonesia (Polri) di dunia maya. Surat tertanggal 9 Januari 2015 bernomor R-01/Pres/01/2015 tersebut berisi pemberhentian dan pengangkatan Kapolri.

Surat yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut ditujukan kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Dalam surat tersebut, Jokowi meminta persetujuan DPR untuk mengangkat Budi Gunawan menjadi Kapolri yang baru dan memberhentikan Jenderal Polisi Drs. Sutarman.

Surat tersebut menyatakan alasan mengapa Budi Gunawan dianggap layak menggantikan Sutarman, antara lain, mampu dan cakap. Sumber internal kepresidenan menginformasikan bahwa surat tersebut ditandatangai dan dikirimkan ke DPR pada Jumat (9/1) pukul 17.00 WIB.

Budi Gunawan adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1983. Dia pernah mengikuti seleksi calon Kapolri pada 2013 untuk menggantikan posisi Jenderal (Purn.) Timur Pradopo. Namun, dia harus merelakan posisi tersebut kepada Sutarman, lulusan Akpol 1981. Budi adalah lulusan terbaik peraih penghargaan Adhi Makayasa. Dia pernah menjabat sebagai Ajudan Presiden di masa pemerintahan Megawati Soekarnoputri. Sedangkan, Sutarman adalah mantan ajudan mantan Presiden Abdurrahman Wahid.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here