Home Berita Pilihan Pemilihan Ketua Baru MK

Pemilihan Ketua Baru MK

SHARE
Mahkamah Konstitusi (foto: kesbangpol.kemendagri.go.id)
Mahkamah Konstitusi (foto: kesbangpol.kemendagri.go.id)

Jakarta – Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar pemilihan Ketua MK periode 2015-2017 yang akan menggantikan Hamdan Zoelva. Dia sudah berakhir masa jabatannya pada 7 Januari 2015.

Rencananya, Senin (12/1) ini, MK akan menyelenggarakan pemilihan tersebut pukul 10.00 WIB. Humas MK menyebutkan informasi tersebut kepada Kantor Berita ANTARA.

Sembilan hakim konstitusi mendapat mandat untuk memilih ketua MK baru. Mereka adalah Arief Hidayat (wakil ketua MK), Muhammad Alim, Anwar Usman, Maria Farida Indrati, Aswanto, Wahiduddin Adams, Patrialis Akbar, I Dewa Gede Palguna, dan Suhartoyo.

Pemilihan ketua MK biasanya dilaksanakan secara tertutup melalui Rapat Permusyawaratan Hakin (RPH). Dengan cara ini, ketua MK dipilih secara aklamasi.

Namun, apabila ada dua calon atau lebih yang ingin menjadi ketua MK. Pemilihan akan dilakukan secara langsung di depan umum. Pemenang, diatur dalam UU No. 8 tahun 2011 tentang Perubahan atas UU No. 24 tahun 2003 tentang MK, ditentukan apabila calon mendapat 50% plus satu suara (lima hakim MK). Jika ketentuan tidak dicapai, perlu dilakukan voting kedua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here