Home Nusantara Nasional Pendapat Pakar Etika Politik tentang 100 Hari Kepemimpinan Jokowi

Pendapat Pakar Etika Politik tentang 100 Hari Kepemimpinan Jokowi

SHARE
Romo Benny Susetyo (foto: indonesianow.blogspot.com)
Romo Benny Susetyo (foto: indonesianow.blogspot.com)

Jakarta – Masa 100 hari kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo penuh dengan peristiwa, baik itu politik, ketahanan negara, sampai masalah bencana alam dan transportasi. Pengamat etika politik Romo Benny Susetyo menyampaikan beberapa analisis tentang hal ini.

Romo Benny mengatakan bahwa Jokowi sedang diuji kepemimpinannya. Apabila dia tegas dan mampu melewati masalah-masalah yang ada, maka ada harapan bahwa Jokowi dapat mengantarkan Indonesia menjadi lebih baik. Sebaliknya, apabila Jokowi gagal, maka keadaan negara akan menjadi genting.

Menurutnya, Presiden Jokowi harus menjadi negarawan yang berani. Keputusan Jokowi membentuk tim independen untuk mengatasi masalah KPK vs. Polri harus benar-benar dipertimbangkan. Jokowi harus berani menindak oknum yang berperan terhadap kriminalisasi KPK.

Selain itu, Jokowi harus meminta Komjen Pol Budi Gunawan mundur dari pencalonan Kapolri. Sebab, Budi Gunawan saat ini ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Dan pada dasarnya, semua tersangka harus mengundurkan diri dari jabatannya.

Walaupun optimis bahwa Jokowi dapat memberi harapan baru bagi rakyat, dia mengingatkan Jokowi agar tetap tunduk kepada konstitusi, bukan partai. Jokowi harus mampu keluar dari tekanan partai yang mempunyai berbagai agenda politik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here