Home Nusantara Nasional Komaruddin Hidayat: Presiden Harus Selektif

Komaruddin Hidayat: Presiden Harus Selektif

SHARE
Komaruddin Hidayat (foto: harnas.co)
Komaruddin Hidayat (foto: harnas.co)

Jakarta – Menginjak masa 100 hari pertama kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), mantan rektor Universitas Islam Negeri Jakarta Komaruddin Hidayat membeberkan beberapa analisisnya. Utamanya, Jokowi harus lebih berani menghadapi pihak eksternal karena negara adalah milik rakyat, bukan partai. Presiden harus menunjukkan bahwa kepemimpinannya berpihak pada rakyat. Kalau perlu, dia harus melawan siapa pun yang menginginkannya tidak optimal dalam menjalankan pemerintahan.

Presiden Jokowi harus selektif dan kritis menilai orang-orang yang mendekatinya. Karena, menurut dia, orang-orang tersebut mempunyai motif yang berbeda-beda. Dia optimis bahwa masih banyak tokoh Indonesia yang baik dan mempunyai visi membangun bangsa.

Rakyat hanya ingin pemerintahan yang bersih dan produkti. Karena itu, Jokowi harus cerdas memanfaatkan peluang dan berani menghadapi tantangan yang ada.

“Jadi dia harus berani menghadapi kekuatan apapun karena dia mempunyai mandat. Jokowii juga mempunyai peluang yang sangat besar untuk membuktikan diri.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here