Home Berita Pilihan Tim 9 Rekomendasikan Alternatif Calon Kapolri selain Budi Gunawan

Tim 9 Rekomendasikan Alternatif Calon Kapolri selain Budi Gunawan

SHARE
Prof Dr Ahmad Syafii Ma'arif (foto: Suara Pembaruan)
Prof Dr Ahmad Syafii Ma'arif (foto: Suara Pembaruan)

Jakarta – Tim 9, tim yang ditunjuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk menyelesaikan konfil KPK-Polri, merekomendasikan Presiden untuk tidak melantik calon Kapolri Budi Gunawan. Ketua Tim 9 Ahmad Syafii bersama tim memberikan alternatif nama calon yang dianggap lebih baik dari segi keahlian dan rekam jejak.

Syafii tidak mau mengungkap siapa saja yang diusulkan oleh tim 9. Ada pak Oegro (Oegroseno) tahu yang bintang-bintang tiga baik itu masih ada,” demikian kata Syafii Maarif di kompleks Kepresidenan, Jakarta, Rabu (28/1) seperti dilansir dari beritasatu.com.

Rekomendasi tersebut, tambahnya, adalah suara bulat Tim 9. Tak ada satu orang anggota yang bersuara lain. Sebelumnya, saat Jokowi bertemu dengan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), beberapa anggota Wantimpres menyetujui pelantikan Budi Gunawan.

Dia optimis Presiden akan segera mencari jalan keluar dan menyampaikan keputusannya beberapa hari ini.

Tentang pengunduran diri Bambang Widjojanto dari posisi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dia menganggap hal tersebut adalah sikap ksatria. Bambang tunduk pada Undang-Undang KPK yang mengharuskan Pimpinan KPK mundur apabila tersangkut kasus hukum.

Bambang Widjojanto ditetapkan menjadi tersangka oleh Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) tidak lama setelah KPK menetapkan Budi Gunawan menjadi tersangka korupsi kepemilikan rekening gendut. Bareskrim menangkap Bambang dengan tuduhan kasus saksi palsu di Pilkada 2010 Kotawaringin Barat. Saat itu, dia menjadi salah satu tim pengacara Ujang Iskandar- Bambang Purwanto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here