Home Berita Pilihan Jokowi Minta Seluruh Pihak Sabar Tunggu Keputusan tentang Budi Gunawan

Jokowi Minta Seluruh Pihak Sabar Tunggu Keputusan tentang Budi Gunawan

SHARE
Jokowi (foto: monikaerikaiswari.wordpress.com)
Jokowi (foto: monikaerikaiswari.wordpress.com)

Bogor – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh pihak bersabar menunggu kepastian pengangkatan Komjen Pol Budi Gunawan menjadi Kapolri. Saat ini, dia sedang menerima dan memertimbangkan masukan dari banyak pihak, terutama dari Tim 9 dan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

“…masukan-masukan semua sudah saya tampung. Saya mengerti semuanya. Suatu saat akan kita putuskan, jangan ngejar-ngejar!” demikian kata Presiden setelah menerima Prabowo Subianto, mantan rivalnya di Pilpres 2014, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum DPP Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Pertemuan itu berlangsung di Istana Kepresidenan, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/1).

Sebelum pertemuan dengan Prabowo tersebut, Jokowi beserta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago, dan Ketua Umum Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Isran Noor mengadakan rapat koodinasi dengan para Bupati Sulawesi, Papua Barat, dan Papua.

Presiden menunda pelantikan Budi Gunawan dikarenakan calon tunggal Kapolri itu ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan menerima suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jokowi tidak bisa mengintervensi proses hukum yang berlaku.

Pihak Budi Gunawan saat ini telah mengajukan praperadilan atas penetapan dirinya sebagai tersangka. Budi merasa penetapan status tersangka oleh KPK mengandung kejanggalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here