Home Gaya Hidup Pesta Melupakan Mantan Digelar di Yogyakarta

Pesta Melupakan Mantan Digelar di Yogyakarta

SHARE
(sumber: wowkeren.com)
(sumber: wowkeren.com)

Yogyakarta – Festival Melupakan Mantan akan digelar di Pojok Beteng Wetan, Yogyakarta, Jumat (13/2). Festival yang digelar sekelompok pegiat seni budaya itu digelar untuk merespon tradisi perayaan Valentine.

Pengunjung diminta membawa barang-barang milik “bekas pacar” untuk dikumpulkan saat festival. Barang-barang tersebut rencananya akan disumbangkan pada orang-orang yang membutuhkan.

Seto Prayogi, koordinator acara, mengatakan bahwa kegiatan mendonasikan benda tersebut terinspirasi oleh tradisi larungan yang berkembang dalam budaya Jawa. Hakikat tradisi tersebut adalah membuang energi negatif untuk bersiap menerima energi baru yang positif. Seseorang harus optimis menatap masa depan untuk menjalani hidup yang lebih baik. Kenangan tentang mantan pacar bisa menjadi energi negatif yang menghalangi kemajuan seseorang.

Dikutip dari Tempo, beberapa seniman akan mengisi acara ini. Mereka adalah Yuliono Songsot, Copet Mime, Eleven Chamber, Hasnan Fonticello, dan Naomi-Hall Jhon. Sementara Alit-Alit Jabang Bayi, Gundhissos, dan Pripita Tyas akan memandu acara dengan lawakan khas Yogya.

Eko Nuryono, sang creator festival, mengatakan bahwa kata “mantan” itu multitafsir. Dia sebenarnya ingin mengajak masyarakat merenungi kembali persoalan yang membebaninya untuk berkembang lebih maju. Dia ingin mengajak generasi muda Yogyakarta untuk kreatif dan mencintai budayanya sendiri.

“Bukan malah ikut-ikutan tema Valentine yang tak jelas itu,” katanya.