Home Dunia Penyelundup Heroin Asal Spanyol Kemungkinan akan Dieksekusi di Nusakambangan

Penyelundup Heroin Asal Spanyol Kemungkinan akan Dieksekusi di Nusakambangan

SHARE
Nusakambangan (foto: liputan6)
Nusakambangan (foto: liputan6)

Surabaya – Raheem Agbaje Salami, warga Spanyol, akan dieksekusi di Nusakambangan. Terpidana mati ini ditangkap di Bandara Internasional Juanda Surabaya tahun 1999. Dia terbukti menyelundupkan heroin ke Indonesia. Raheem yang divonis hukuman mati ini sempat mengajukan grasi namun ditolak oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Irjen Pol Anas Yusuf, Kapolda Jawa Timur, melaporkan hasil koordinasi Polda Jatim dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim dan Kejaksaan Agung (Kejagung). Dia mengatakan bahwa pelaksanaan eksekusi Raheem kemungkinan akan dilakukan bersama dengan terpidana mati kasus narkoba lainnya. Dia juga menegaskan bahwa terpidana mati Raheem tidak akan dieksekusi di Surabaya. Pihaknya juga akan menyiapkan regu pengawalan jika keputusan pihak berwenang mengatakan Raheem akan dieksekusi di Nusakambangan, dilansir Antara.

Sebelumnya, ditemui di Kejati Jatim, Kepala Kejari Surabaya Tomo Sitepu, Selasa (17/2), menyatakan pihaknya sudah siap namun masih menunggu kabar dari Kejagung perihal pelaksanaan eksekusi. Tim eksekusi sudah dibentuk yaitu gabungan dari Kejati Jatim, Kejari Surabaya, dan Kejari Madiun.

Sementara itu, Kajati Jatim Elvis Johnny sempat menyebutkan bahwa eksekusi akan dilaksanakan Februari 2015 ini, dilansir Tribunnews. Saat ini, Raheem dipenjara di Lapas Narkoba Madiun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here