Home Dunia Asia Pasifik Tanggapan Warga Australia Terhadap Gerakan Koin Untuk Australia

Tanggapan Warga Australia Terhadap Gerakan Koin Untuk Australia

SHARE
Koin untuk Australia (foto: vivanews)Koin untuk Australia (foto: vivanews)
Koin untuk Australia (foto: vivanews)

Australia – Pernyataan Perdana Menteri (PM) Australia Tony Abbott yang mengungkit bantuan kemanusiaan Tsunami Aceh demi pembebasan terpidana mati dua warga negara Australia menyinggung rakyat Indonesia khususnya Aceh. Tagar #CoinForAustralia dan #KoinUntukAustralia muncul sebagai respons atas pernyataan Abbott. Kampanye di media sosial dengan tagar tersebut menunjukkan reaksi anti-Australia, demikian dilaporkan BBC, Minggu (22/02).

Tanggapan warga Australia sendiri bermacam-macam. Beberapa mengkritik langkah Indonesia namun tak sedikit juga yang mendukung. Ada pula yang mengecam pernyataan Abbott namun menganggap reaksi Indonesia berlebihan.

Berikut tanggapan-tanggapan warga Australia, dilansir BBC;

“Perdana Menteri kami mungkin bodoh. Namun, kampanye #CoinForAustralia menghina semua warga Australia yang memberikan secara tulus,” tulis akun CJ.

“Anda akan mengumpulkan uang dan pejabat korup Anda akan menyimpannya,” kicau akun Peter Johnson.

“Kampanye ini tak masuk akal, dan Tony Abbott hanya ingin membantu,” bela akun Snezena Stojanovska.

“Bantuan tsunami berasal dari pembayar pajak dan Abbott tidak memiliki hak untuk melemparnya ke muka korban,” kritik Kerry Glover terhadap pernyataan PM Australia itu.

Sementara itu, ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Aceh Darlis Aiziz membuka posko pengumpulan koin untuk Australia. Dia juga mengklaim kegiatan tersebut sebagai pesan moral dan dukungan kepada Presiden untuk tetap konsisten dan tegas menegakkan hukum dalam negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here