Home Berita Pilihan Underpass Makamhaji Banjir, Sejumlah Angkutan Umum Alih Jalur

Underpass Makamhaji Banjir, Sejumlah Angkutan Umum Alih Jalur

SHARE
(foto: Muh Zainuri Iskandar)
(foto: Muh Zainuri Iskandar)

Sukoharjo – Underpass Makamhaji, Sukoharjo, terendam air karena hujan terus-menerus mengguyur wilayah Sukoharjo dan sekitarnya. Jalur alternatif ini menghubungkan Kota Solo dengan Kabupaten Sukoharjo.

Tak hanya terendam air, aspal jalan underpass yang dibuat untuk menghindari kemacetan saat kereta api lewat ini juga ambles beberapa sentimeter. Muhlis Joko Ahmadi, warga sekitar, mengatakan kepada Tribunnews bahwa aspal bisa ambles karena ada sumber mata air di bawah aspal.

Sumber mata air itu ditemukan saat underpass mulai dibangun. Tepatnya, saat dilakukan pengerukan pembuatan jalan alternatif itu. Alhasil, kontraktor proyek akhirnya menyediakan pompa air yang dinyalakan terus-menerus supaya air tidak menggenangi area tersebut.

Kondisi ini juga membuat sejumlah angkutan umum mengalihkan rutenya ke arah yang bebas banjir. Dari pantauan Nusantaran, Senin (27/4), bus Koridor 3 dan Wahyu menghindari underpass tersebut dengan cara lewat Jalan Agus Salim dan terus ke arah Barat hingga terminal Kartasura. Dengan demikian, bus-bus tersebut akan berbelok ke arah Utara jika sampai perempatan lampu merah Jongke, tidak terus menyusuri Jalan Dr. Radjiman menuju underpass seperti biasanya. Kemungkinan besar, rute sementara ini berlaku hingga air di area underpass Makamhaji surut.