Home Berita Pilihan Perusak Taman KAA Disuruh Ngepel Jalan oleh Ridwan Kamil

Perusak Taman KAA Disuruh Ngepel Jalan oleh Ridwan Kamil

SHARE
Ridwan Kamil (foto: tsquirrel.com)
Ridwan Kamil (foto: tsquirrel.com)

Bandung – Beberapa saat setelah Konferensi Asia-Afrika berakhir Jumat (24/4), muncul foto-foto sekelompok pemuda yang merusak fasilitas taman KAA. Perbuatan tidak etis itu membuat geram banyak orang, termasuk Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.

Emil – panggilan akrab Ridwan – mengaku telah ada dua orang yang mengaku bersalah atas kejadian tersebut. Salah satu di antaranya mengaku menginjak bangku taman. Emil membeberkan bahwa para pelaku adalah dua pemuda; yang satu fotografer, yang satu musisi.

Melalui media sosial, Emil mencari tersangka dibantu oleh netizen yang cepat merespons. Dia mengaku internet merupakan ladang informasi melimpah sehingga dengan mudah dapat menemukan pelaku.

Salah satu pelaku, Fadillah Simeray, mengunggah permohonan maaf secara tertulis di Instagram. Sebelumnya, dia memajang foto sedang berdiri di bangku Jalan Asia-Afrika. Dia meminta maaf secara terbuka karena merasa bersalah dan menjadi perhatian.

Emil menerima maaf Fadil namun menyuruh dia mengepel Jalan Braga dekat arena KAA sebagai kompensasi.

Fadillah, melalui akun twitter @fadillahSimeray, mencuit

saya bersedia ngepel jl.braga untuk menebus kesalahan yg sdh saya perbuat pak. Kira2 kapan saya harus mulai pel jl.braga pak? @ridwankamil.

“Jumat siang sekitar jam 2, mereka mau ngepel,” ujar Emil, dilansir detikcom. Sebagai wali kota, dia merasa perlu memberikan efek jera kepada warganya yang merusak keindahan dan fasilitas umum.

“Nanti mereka bawa air, bawa sabun, bawa sikat sendiri. Poinnya bukan soal panjang pendeknya jalan yang dipel. Tapi tanggung jawabnya,” lanjutnya.

Tak disangka, selain memberikan kedua orang tersebut hukuman, banyak warga Emil yang dengan sukarela ingin mengepel jalan bersejarah itu. Dia pun memberikan “bonus” berupa foto bareng dirinya.

siapa yg mau #NgepelBraga juga hari jumat siang bareng @fadillahSimeray ? Bawa alat, air, sabun cuci sendiri. *Bonus foto bareng pa wali.

Namun, selain menyuruh pelaku perusak taman itu mengepel Jalan Braga, dia berjanji akan memberikan hukuman tambahan.

“Nanti aja hukuman tambahannya, biar surprise, “ tandasnya.