Home Nusantara Bus Werkudara Banjir Pesanan Jelang Lebaran

Bus Werkudara Banjir Pesanan Jelang Lebaran

SHARE
Bus Werkudara (foto: izhaaa.wordpress.com)
Bus Werkudara (foto: izhaaa.wordpress.com)

Surakarta – Bus tingkat pariwisata Werkudara yang menjadi salah satu ikon Kota Solo kebanjiran pesanan selama Lebaran 2015. Sebagian besar pemesan adalah masyarakat yang mudik ke Solo.

Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Kota Surakarta, Yosca Herman Sudrajat, Selasa (30/6), mengatakan bahwa bus tingkat Werkudara digunakan untuk melayani wisatawan yang hendak mengunjungi beberapa objek wisata di Kota Solo.

Sejak satu hari hingga lima hari setelah Lebaran 2015 mendatang, bus tingkat pariwisata Werkudara harus melayani tiga perjalanan per hari. Bus tersebut berkapasitas sekitar 50 orang.

Selama puasa, bus tersebut rata-rata hanya melakukan satu perjalanan per hari. Jika tidak ada penumpang, bus tersebut tidak beroperasi.

Tiket bus pariwisata Werkudara seharga Rp20 ribu/orang. Sementara biaya menyewa bus Rp800 ribu untuk sekali perjalanan.

Rute resmi bus pariwisata Werkudara adalah dimulai dari Jalan Menteri Supeno Manahan-Jalan Adi Sucipto (Stadion Manahan)-Ahmad Yani-Slamet Riyadi Solo Grand Mall-Museum Radya Pustaka-Museum Batik Danar Hadi-Batik Kauman Gladag-Jenderal Sudirman-Urip Sumoharjo-Kolonel Sutarto-Ir. Sutami UNS/Taman Jurug.

Selain rute di atas, penyewa bus dapat memesan tujuan perjalanan sesuai selera. Biasanya, para penyewa menggunakan bus Werkudara untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Kota Solo seperti Museum Batik Kauman. Pemandu wisata pun siap untuk memberikan keterangan-keterangan tentang objek-objek wisata di Solo.

Tiket perorangan bus Werkudara bisa dibeli di lokel Kantor Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Kota Surakarta, Jalan Menteri Supeno No. 7 Manahan Solo. Untuk tiket umum, bis beroperasi setiap Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya pada pukul 09.00 WIB, 12.00 WIB, 15.00 WIB.