Home Dunia Asia Pasifik Gadis Taiwan Tewas Terbakar di Festival Colour Play Asia

Gadis Taiwan Tewas Terbakar di Festival Colour Play Asia

SHARE
Seorang korban kebakaran Festival Colour Play Asia di Formosa Fun Coast Water Park dikunjungi Presiden Taiwan, Ma Ying-jeou (foto: AFP)
Seorang korban kebakaran Festival Colour Play Asia di Formosa Fun Coast Water Park dikunjungi Presiden Taiwan, Ma Ying-jeou (foto: AFP)

Formosa – Seorang gadis Taiwan bernama Lee Pei-yun (20) tewas disebabkan karena luka bakar tingkat dua yang membakar lebih dari 90% tubuhnya. Api menyambar sekitar lebih dari 500 penonton Festival Colour Play Asia di taman air Formosa Fun Coast, Sabtu (27/6).

Sebelumnya, Lee memakai alat bantu pernapasan. Namun, karena kondisinya semakin memburuk, dokter dan pihak keluarga akhirnya memutuskan untuk merelakan Lee dengan melepaskan alat pantu pernapasan tersebut.

Pihak berwenang menyebutkan ada lebih dari 200 orang dirawat intensif karena cedera serius. Total korban kebakaran hebat itu 524 orang.

Ledakan tersebut diduga berasal dari bubuk berwarna yang disebarkan kepada pengunjung saat acara berlangsung. Otoritas setempat langsung melarang penggunaan bubuk tersebut sampai investigasi berakhir.

Namun, pejabat Taiwon Foods, Chou Hui-fang, mengklaim bahwa bubuk warna yang digunakan dalam acara tersebut aman. Bubuk yang bisa dimakan itu diproduksi oleh Taiwon Foods. Meskipun begitu, Chou mengatakan, bubuk yang terbuat dari karbohidrat itu seharusnya tak bersinggungan dengan sumber panas.

Penyelidik memiliki dugaan lain yaitu api berasal dari rokok yang diisap para pengunjung. Saat itu, suhu udara cukup panas yakni 36,6 derajat Celcius.

’’Belum jelas apa yang telah terjadi. Tapi, ada beberapa orang yang merokok dan udara saat itu juga hangat,’’ ujar Kepala Departemen Pemberitaan di New Taipei City Lin Chieh-yu, dilansir Jawapos.

Hingga saat ini, penyelidik menginvestigasi tiga kemungkinan sebab kebakaran hebat tersebut. Puntung rokok yang masih menyala, korek api, atau percikan listrik merupakan dugaan-dugaan yang terus didalami saat investigasi berlangsung.