Home Berita Pilihan Tim SAR : Waspada Serangan Ubur-ubur di Pantai Baron!

Tim SAR : Waspada Serangan Ubur-ubur di Pantai Baron!

SHARE
Ilustrasi (foto: http://animalia-life.com)
Ilustrasi (foto: http://animalia-life.com)

Gunung Kidul – Tim SAR Wllayah II Pantai Baron, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau wisatawan pantai tersebut untuk mewaspadai serangan ubur-ubur. Marjono, SAR Korwil II Pantai Baron, pada Rabu (8/7) mengatakan bahwa saat ini adalah musim ubur-ubur.

Kawanan ubur-ubur mengambang sekitar 200 meter dari bibir pantai. Menurut Marjono, bulan Juli hingga Agustus merupakan musim ubur-ubur.

Jika terkena sengatan ubur-ubur, tubuh akan merasakan sakit yang tak tertahan, kulit luka seakan terbakar dan tak jarang korban harus dilarikan ke rumah sakit. Oleh karena itu, Marjono mengimbau wisatawan untuk tidak mandi atau bermain di dekat kawasan pantai.

“Korban sengatan ubur-ubur saat Lebaran tahun lalu jumlahnya mencapai 200-an orang,” kata dia, dilansir Antara.

Untuk mengatasi serangan ubur-ubur, Marjono biasanya menggunakan alkohol dan ramuan tradisional. Marjono memperkirakan akan membutuhkan sekitar 22 liter alkohol untuk 22 titik pantai selama musim liburan ini.

Di lain tempat, Bupati Gunung Kidul, Badingah, sudah mendengar adanya ancaman ubur-ubur bagi wisatawan pada libur Lebaran 2015. Dia menginstruksikan pada puskesmas-puskesman di kawasan pantai untuk membantu pengobatan, menyediakan alkohol dan ambulans.