Home Berita Pilihan Jelang Idul Fitri, Kapolres Bogor Ajak Masyarakat Waspadai Tindak Kejahatan

Jelang Idul Fitri, Kapolres Bogor Ajak Masyarakat Waspadai Tindak Kejahatan

SHARE
Ilustrasi (foto: PIxabay)
Ilustrasi (foto: PIxabay)

Cibinong – Menjelang hari raya Idul Fitri 1436 Hijriah, Kapolres Bogor, Jawa Barat, AKBP Suyudi Ario Seto, mengajak masyarakat untuk mewaspadai tindak kejahatan. Terutama, jika masyarakat bepergian mulai H-7 hingga H+7 Lebaran.

Salah satu kejahatan yang sering muncul adalah kejahatan hipnotis. Tindak kejahatan ini sering dilakukan di pusat keramaian seperti pasar, mal, tempat wisata, terminal, dan stasiun kereta.

Selain hipnotis, masyarakat diimbau mewaspadai tindakan pencurian kendaraan dan pencopetan di tempat-tempat umum.

“Sesuai data ada 12 mal, 17 pasar tradisional dan 42 kawasan wisata yang menjadi fokus pantau dan perhatian tim operasi ketupat lodaya 2015,” katanya saat rapat forum koordinasi pimpinan daerah di Cibinong, Kamis (9/7).

Masyarakat juga harus mewaspadai terjadinya potensi konflik antar warga dan kejahatan konvensional lainnya. Polres Bogor akan terus memantau untuk mencegah aksi sabotase dan terorisme. Diharapkan, patroli yang dilakokan Polres Bogor dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga yang sedang beribadah dan berlebaran.

Bupati Bogor, Nurhayanti, juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak bepergian ke pusat keramaian untuk mewaspadai hipnotis dan copet. Dia mengatakan, tindakan ini meningkat menjelang Lebaran.

Untuk keamanan dan kenyamanan berkendara selama mudik, Polres Bogor juga meminta pengendara untuk berhati-hati dan mematuhi rambu lalu lintas agar terhindar dari kemacetan dan kecelakaan.

Disampaikan Suyudi, terdapat 113 titik rawan kemacetan dan sembilan pasar tumpah yang patut diperhatikan pengemudi. Sebanyak 21 pos pengamanan dengan jumlah personil mencapai 2.500 personil sudah disiapkan. Suyudi mengajak masyarakat untuk segera melapor ke pos pengamanan apabila ada indikasi kejahatan.