Home Peristiwa Bencana Alam Tiga Orang Tewas Terkena Longsoran Tebing Air Terjun Sedudo

Tiga Orang Tewas Terkena Longsoran Tebing Air Terjun Sedudo

SHARE
Air Terjun Sedudo (foto: yukpegi.com)
Air Terjun Sedudo (foto: yukpegi.com)

Nganjuk – Tiga wisatawan tewas, lima orang luka berat, dan tujuh orang luka ringan dalam peristiwa longsornya tebing air terjun Sedudo di kawasan wisata Desa Ngliman, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur. Longsor tersebut terjadi pada Selasa (21/7) sore.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana, tebing longsor karena sebuah pohon kering tumbang. Batu dan material mengiringi tumbangnya pohon kering itu. Longsoran pohon menjatuhi wisatawan yang sedang berenang di kawasan air terjun.

Sutopo Purwo Nugroho, Humas BNPB, Rabu (22/7) memberikan keterangan bahwa longsor tersebut terjadi secara tiba-tiba.

“BPBD Kabupaten Nganjuk dan Polres Nganjuk bersama masyarakat dan petuga lain tekah melakukan pertolongan,” ungkap Sutopo, dilansir CNN Indonesia.

Ketiga korban tewas karena longsornya air terjun Sedudo adalah Subkhan Anang Mashuro (35), Sofyan Sahuri (26), dan Hendra Pramono Setyawan (12). Korban telah dievakuasi ke RSUD Kabupaten Nganjuk.

Aparat kepolisian menutup sementara kawasan wisata air terjun Sedudo hingga dipastikan aman untuk wisatawan. Informasi penutupan kawasan wisata diberikan oleh Kapolres Nganjuk, AKBP Anwar Nasir, Selasa (21/7). Kepastian tersebut akan diberikan oleh Dinas Pariwisata.

“Kami belum pastikan, material batu dan pohon yang menimpa pengunjung dari mana. Kalau ketinggian air terjun 105 meter, tapi belum tahu longsornya dari mana,” demikian kata Anwar yang menjelaskan bahwa polisi masih melakukan penyelidikan.