Home Berita Pilihan Kawasan Pesisir Selatan Jatim Rawan Serangan Ubur-ubur

Kawasan Pesisir Selatan Jatim Rawan Serangan Ubur-ubur

SHARE
Ilustrasi (foto: Pixabay)
Ilustrasi (foto: Pixabay)

Malang – Pantai Balekambang bukan satu-satunya tempat wisata pantai yang rawan serangan ubur-ubur. Wisatawan harus waspada saat berlibur ke Kondang Merak dan Ngliyep karena serangan ubur-ubur di kawasan pesisir selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur, terbukti meluas.

Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Malang, Bagyo Setyono, Rabu (22/7), menyatakan bahwa ubur-ubur menepi ke pesisir selatan pantai terutama pada sore hari. Fenomena alam ini terjadi setiap tahun.

Fenomena tersebut mengganggu kenyamanan dan keamanan wisatawan. Selama lima hari terakhir, 31 orang disengat ubur-ubur. BPBD sendiri belum mendata total wisatawan yang tersengat ubur-ubur.

Pengelola wisata pantai diminta memasang papan peringatan bahaya ubur-ubur. Selain itu, Palang Merah Indonesia menurunkan sembilan personel untuk mengantisipasi korban sengatan ubur-ubur.

“Korban tahun lalu lebih banyak,” kata Sekretaris PMI Kabupaten Malang, Aprillijanto, dilansir Tempo.

PMI juga menurunkan tim penyelamat air untuk mengamankan wisatawan di pantai. Perahu karet dan peralatan selam wajib dibawa oleh tim ini.

Korban tersengat ubur-ubur akan mengalami gatal-gatal dan sensasi panas seperti terbakar.