Home Berita Pilihan Wapres Instruksikan Pemaksimalan Belanja Barang Demi Proyek 35.000 MW

Wapres Instruksikan Pemaksimalan Belanja Barang Demi Proyek 35.000 MW

SHARE
Ilustrasi (foto: Flickr)
Ilustrasi (foto: Flickr)

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla ingin mempercepat penyelesaian proyek pembangkit listrik 35.000 Megawatt. Oleh karena itu, Wapres menginstruksikan kementrian, lembaga, dan BUMN terkait untuk memaksimalkan belanja barang.

Husain Abdullah, Juru Bicara Wapres, pada Selasa (25/8) usai rapat terbatas menyampaikan bahwa kondisi harga yang sedang turun membuat belanja barang dapat lebih efisien jika dilakukan pada saat ini.

“Jadi dikerjakan sekarang menurut perhitungan JK, karena seluruh bahan baku sedang turun sehingga biaya bisa ditekan hingga 50 persen,” kata Husain, dilansir CNN Indonesia.

Husain yakin, September 2015 mendatang pemerintah sudah dapat mentukan kontraktor pelaksana proyek apabila instruksi Wapres dilaksanakan. Untuk kontraktornya, dia menyebutkan nama Krakatau Steel sebagai salah satu calon, walaupun tidak menutup kemungkinan bisa saja yang deal adalah perusahaan lain.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani, pada kesempatan yang sama, menegaskan bahwa proyek pembangunan transmisi 46 ribu kilometer ini mengutamakan penggunaan komponen dalam negeri.

Rapat terbatas itu juga dihadiri oleh Dirut PLN Sofyan Basir, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri ESDM Sudirman Said.