Home Berita Pilihan Peredaran Ganja Modus Baru: Dikirim Sepaket dengan Kopi dan Dodol

Peredaran Ganja Modus Baru: Dikirim Sepaket dengan Kopi dan Dodol

SHARE
Ilustrasi (foto: halloriau)
Ilustrasi (foto: halloriau)

Banda Aceh – Kapolres Kota Banda Aceh, Kombes Pol Zulkifli, mengatakan bahwa ada modus baru pengedaran narkoba yang dilakukan oleh para bandar narkoba jenis ganja. Dengan memanfaatkan jasa perusahaan pengiriman, para bandar barang terlarang tersebut mengirim ganja bersamaan dengan kopi dan dodol.

“Ini modus baru yang digunakan pelaku,” kata Zulkifli, dilansir Tempo.

Modus tersebut terungkap setelah petugas kargo Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, melaporkan hal tersebut kepada Polres Banda Aceh. Awalnya, petugas mencurigai paket saat diperiksa melewati pemindaian X-ray kargo bandara (5/10). Paket kardus tersebut dibongkar karena dinilai mencurigakan. Di dalam kardus, ada 15 kilogram ganja kering yang disusupkan ke dalam bubuk kopi.

Seseorang berinisial MD dari Banda Aceh tercatat sebagai pengirim paket. Tujuan paket tersebut adalah ke Tangerang, Banten, dengan nama penerima Ibu Ais.

Menurut Zulkifli, pelaku diduga menyusupkan ganja ke dalam kopi untuk mengelabui petugas bandara agar seolah-olah yang dikirimkan benar-benar kopi. Barang bukti kini disita pihak kepolisian untuk didalami lebih lanjut.

Bulan lalu, terdapat kasus penyelundupan ganja dengan modus serupa. Kala itu, ganja seberat satu kilogram dibungkus bersama dengan dodol.