Home Dunia Asia Pasifik Niat Bantu Atasi Kabut Asap, Singapura Minta Nama Perusahaan Pembakar Hutan

Niat Bantu Atasi Kabut Asap, Singapura Minta Nama Perusahaan Pembakar Hutan

SHARE
Kabut asap Singapura (foto: asianews.it)
Kabut asap Singapura (foto: asianews.it)

Singapura – Kementerian Luar Negeri Singapura telah secara resmi mengirimkan permohonan untuk meminta Indonesia menyebutkan nama-nama perusahaan yang terlibat pembakaran hutan. Hal ini dikarenakan bencana kabut asap itu telah sampai ke negaranya termasuk Malaysia dan Thailand.

Menurut Channel News Asia, Rabu (7/10), permohonan itu telah dikirimkan melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura. Sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan bahwa permohonan untuk mengetahui nama-nama perusahaan itu harus disampaikan melalui jalur resmi.

“Singapura menunggu respon Pemerintah Indonesia atas permohonan kami supaya Singapura dapat mengeksekusi secepatnya pihak-pihak yang bersalah dan bertanggung jawab terhadap krisis asap ini,” kata Kemenlu Singapura, dilansir Kompas.

Pemerintahan Singapura melalui Kemenlu mereka menawarkan bantuan berupa pesawat C-130 untuk operasi cloud-seeding, dua pesawat C-130 untuk mengangkut regu pemadam kebakaran dari Badan Pertahanan Sipil Singapura (SCDF), tim khusus dari SCDF untuk menganalisis kondisi kebakaran hutan dan bantuan yang dapat diberikan, satelit khusus beresolusi tinggi dan kordinat titik api, serta sebuah helikopter Chinook.