Home Berita Pilihan Beli Kartu SIM Baru Harus Tunjukkan KTP

Beli Kartu SIM Baru Harus Tunjukkan KTP

SHARE
Ilustrasi simcards (foto: gadgetklopedia)
Ilustrasi simcards (foto: gadgetklopedia)

Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengeluarkan wacana aturan baru registrasi kartu SIM seluler prabayar. Pembeli diminta mendaftarkan identitas lengkapnya melalui layanan yang telah disediakan masing-masing penyedia layanan prabayar.

Menteri Rudiantara mempunyai alasan untuk mengeluarkan aturan itu. Pertama, hal ini akan mendorong pendapatan perusahaan telekomunikasi dan membantu operator seluler untuk mendapatkan pelanggan berkualitas.

“Sekarang ada 300 juta SIM yang terdaftar tapi kalau unique customer hanya 160 sampai 170 juta. Kalau kita dorong begini akan makin banyak pelanggan berkualitas,” tutur Rudiantara saat ditemui di kantornya, Selasa (13/10), dilansir CNN Indonesia.

Pelaksanaan aturan ini efektif pada (15/12) mendatang. Pada tanggal tersebut dan seterusnya, pembeli wajib menunjukkan kartu identitas kepada petugas yang telah ditunjuk dan akan didaftarkan oleh petugas tersebut.

Meskipun demikian, aturan tersebut belum final. Masih belum diputuskan bagaimana sistem pendaftarannya.

“Kemarin ada perubahan tata cara, tadinya mau pakai semacam ID retail terus kemungkinan akan diubah lagi menjadi harus berbentuk fisik,” kata Rudiantara.

Selama pedagang kios terdaftar sebagai mitra resmi perusahaan telekomunikasi, mereka bisa mendaftarkan pelanggan yang membeli kartu di tempat tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here