Hujan Es Turun di Lanny Jaya Papua, Tanaman dan Ternak Mati

Hujan Es Turun di Lanny Jaya Papua, Tanaman dan Ternak Mati

SHARE
Warga Kabupaten Lanny Jaya, Papua, mengungsi (foto: detikcom)
Warga Kabupaten Lanny Jaya, Papua, mengungsi (foto: detikcom)

Jayapura – Hujan es melanda tiga distrik di Kabupaten Lanny Jaya, Papua. Warga di ketiga distrik tersebut terpaksa mengungsi.

“Ya benar. Kita ungsikan karena semua tanaman dan ternak di sana mati,” kata Sekda Kabupaten Lanny Jaya, Christian Sohilait, Selasa (27/10) pagi, dilansir Berita Satu.

Distrik-distrik di Lanny Jaya dihantam embun es asam selama sepekan terakhir, sejak (21/10). Embun es asam itu, jika terkena kulit, mengakibatkan sensasi terbakar dan luka.

Sekitar delapan ratus warga di Distrik Goabaliem, Distrik Kuyawage, dan Distrik Wanobarat di Kabupaten Lanny Jaya mengungsi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sekda Christian dan perangkat desa masih menunggu ratusan warga tersebut berjalan kaki menuju tempat-tempat pengungsian. Warga-warga yang tak kuat berjalan kaki ke tempat pengungsian diangkut dengan menggunakan pesawat MAF.

Bahan makanan baru akan didistribusikan setelah para warga sampai ke lokasi pengungsian sebab akan didata jumlahnya terlebih dahulu. Para warga kemungkinan akan mengungsi ke kabupaten terdekat, seperti Kabupaten Puncak Jaya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY