Home Gaya Hidup Makan Korban, Operasional Bus Wisata Bandung Tour Diberhentikan Sementara

Makan Korban, Operasional Bus Wisata Bandung Tour Diberhentikan Sementara

SHARE
Bandros (foto: Kompas)
Bandros (foto: Kompas)

Bandung – Mahasiswa Universitas Parahyangan, Andy Setiawan Haryanto (19), meninggal dunia karena jatuh dari lantai atas bus wisata Bandung Tour on Bus (Bandros) karena terjerat kabel yang melintang rendah di Jalan Wastukencana, Rabu (28/10). Akibat kejadian itu, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, langsung menghentikan sementara operasional bus wisata tersebut.

“Sementara saya stop dulu sampai hasil menyeluruh saya terima fakta-faktanya. Jadi hari ini harusnya tidak ada pengoperasian,” ujar Ridwan Kamil di Markas Polrestabes Bandung, Jumat (30/10), dilansir Kompas.

Insiden tewasnya Andy, menurut Emil – sapaan akrab Ridwan Kamil, bukan tanggung jawab Pemkot Bandung. Bandros ini adalah suatu bus wisata yang dikelola oleh pihak ketiga. Bahkan, Emil tidak mengetahui soal izin operasional Bandros.

Pemkot, ditambahkan Emil, hanya bertindak sebagai penggagas. Selanjutnya, pihak ketiga bekerja sama dengan Disbudpar untuk mengelola Bandros.

“Kronologis kalau dari Pak Kapolres karena dari posisi korban itu berdiri tidak duduk dan sudah diingatkan oleh temannya dan pihak guide yang ada di atas. Ini kan prosedurnya begitu,” ungkap Emil.