Home Berita Pilihan Pak Raden Meninggal Dunia, Anies Baswedan Turut Berduka

Pak Raden Meninggal Dunia, Anies Baswedan Turut Berduka

SHARE
Pak Raden (foto: Kompas)
Pak Raden (foto: Kompas)

Jakarta – Pak Raden, pengisi suara salah satu tokoh serial boneka Si Unyil, meninggal dunia di Rumah Sakit Pelni, Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (30/10), pukul 22.20 WIB. Pria berkumis lebat yang bernama asli drs. Suyadi itu menghembuskan napas terakhir pada usia 82 tahun.

Kondisi kesehatan Pak Raden menurun drastis sejak Jumat siang. Dia mengalami infeksi pada paru-paru kanan dan langsung masuk ke ICU.

Selain keluarga dan kerabat dekat, kepergian Pak Raden membawa duka bagi anak-anak Indonesia, serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. Menurut Anies, Pak Raden adalah seorang pendidik yang luar biasa dan mempunyai kasih sayang tak terhingga pada dunia anak.

“Seorang pendongeng sejati, multitalenta dalam mengajar, menyanyi dan menggambar juga,” ujar Anies saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (31/10).

Menurut Anies lagi, para pendongeng Indonesia pasti mengidolakan sosok Pak Raden. Dia adalah pendidik budi pekerti yang sangat baik. Anies percaya, Pak Raden meninggalkan warisan yang akan dilanjutkan oleh generasi pendongeng selanjutnya.

Jenazah almarhum Pak Raden dimakamkan di Tempat Pemakama Umum Jeruk Purut, Jakarta Selatan. Selain sebagai pendongeng dan pengisi suara, Pak Raden juga merupakan pengajar Seni Rupa Institut Teknologi Bandung.