Home Berita Pilihan Kotak Hitam Pesawat Rusia Ditemukan, Penyelidik Ungkapkan Dugaan Awal

Kotak Hitam Pesawat Rusia Ditemukan, Penyelidik Ungkapkan Dugaan Awal

SHARE
Airbus A321 (foto: http://www.civilaviation.eu)
Airbus A321 (foto: http://www.civilaviation.eu)

Kairo – Kotak hitam pesawat Rusia yang jatuh di Semenanjung Sinai, Sabtu (31/10) waktu setempat telah ditemukan. Para penyelidik kotak hitam mengungkapkan dugaan awal mereka saat menganalisis barang bukti terpenting tersebut.

Menurut salah satu sumber penyelidik, pesawat Airbus A321 yang mengangkut 224 penumpang itu tidak jatuh karena faktor dari luar pesawat, misalnya karena diterjang sesuatu dari luar pesawat, melainknan karena faktor dari dalam pesawat.

Ditemukan bukti bahwa pilot tidak menyampaikan panggilan distress sebelum pesawat hilang dari pantauan radar. Meskipun demikian, para penyelidik enggan membeberkan rincian lebih lanjut karena penyelidikan masih dalam tahap awal.

Di Moskow, Rusia, Perdana Menteri Rusia, Dmitry Medvedev menyerukan semua aparat menyelidiki secara menyeluruh kasus jatuhnya pesawat tersebut. Yang jelas, klaim bahwa ISIS menembak jatuh pesawat tersebut tidak terbukti melalui penyelidikan awal kotak hitam yang ditemukan.

“Tugas utama adalah menyelidiki secara rinci apa yang menyebabkan tragedi itu,” kata Medvedev di televisi Rossiya-24, dilansir Antara.

Pesawat Airbus A321 milik maskapai Rusia Kogalymavia ini lepas landas pada Sabtu (31/10) pukul 5.51 pagi waktu Kairo. Dua puluh tiga menit kemudian, pesawat tersebut hilang dari layar radar. Saat itu, pesawat berada di ketinggian 9.400 meter. Menurut FlightRadar24, pesawat tersebut menukik tajam hingga 1.800 meter sebelum sinyalnya hilang dari menara pengawas udara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here