Home Berita Pilihan Kebun Bunga Amarylis Rusak Gara-gara Serbuan Selfie Liar

Kebun Bunga Amarylis Rusak Gara-gara Serbuan Selfie Liar

SHARE
Kebun Bunga Amarylis di Gunungkidul (foto: Facebook)
Kebun Bunga Amarylis di Gunungkidul (foto: Facebook)

Gunungkidul – Kebun Bunga Amarylis yang terletak di Kecamatan Patuk, Gunungkidul, rusak akibat ulah ribuan pengunjung. Pada Sabtu-Minggu (28-29/11) terjadi lonjakan pengunjung yang ingin berselfie ria di kebun bunga seluas 2.000 meter itu.

Karena kebun bunga tersebut merupakan milik pribadi, tidak ada pagar pembatas maupun jalan setapak sehingga para pengunjung menginjak-injak bunga demi mendapatkan foto yang bagus. Hal ini terjadi usai gambar kebun bunga tersebut menyebar di internet. Para netizen yang kagum membandingkan kebun bunga itu dengan taman bunga di Eropa.

Sukadi (43), pemilik kebun bunga, merupakan seorang petani dan penjual mainan di Pasar Piyungan. Dia mengaku malah senang dengan peristiwa rusaknya kebun bunga yang telah dia rawat sejak tahun 2006 itu.

“Dulu bunga ini diburu dan dibuang karena mengganggu tumbuhnya tanaman pangan di tegalan, sering menyerap pupuk tanaman utama,” ujar Sukadi, dilansir Tempo.

Warga setempat memang menganggap kehadiran bunga oranye itu sebagai gulma tanaman. Berbeda dengan Sukadi yang merasa bunga tersebut perlu dilestarikan.

Awal mula menyebarnya gambar kebun bunga amarylis ini adalah ketika kebunnya dikunjungi oleh rombongan camat tahun 2014. Bunga-bunga amarylis hanya mekar di musim penghujan. Dengan peristiwa selfie liar tersebut, Sukadi jadi tahu bagaimana cara merawatnya jika bunga-bunga tersebut mekar lagi.

“Pemerintah kecamatan juga sudah mendukung ini menjadi destinasi transit wisata sebelum wisatawan ke obyek lain, seperti pantai,” ujarnya.