Home Berita Pilihan KTT Perubahan Iklim: Jokowi Serius Tangani Kebakaran Hutan

KTT Perubahan Iklim: Jokowi Serius Tangani Kebakaran Hutan

SHARE
Joko Widodo (foto: BBC)
Joko Widodo (foto: BBC)

Paris – Presiden RI Joko Widodo menegaskan dalam pidatonya di KTT Perubahan Iklim, Senin (30/11) bahwa pemerintahan Indonesia serius menangani kebakaran hutan. Peristiwa yang terjadi hingga beberapa bulan itu membuat negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina diselimuti asap tebal.

Jokowi melakukan mencegahan berupa restorasi ekosistem gambut dan menegakkan hukum secara tegas. Bahkan, Jokowi sudah membentuk Badan Restorasi Gambut sebagai upaya nyata pencegahan kebakaran hutan.

Akibat kabut asap, belasan orang meninggal dunia dan ratusan orang menderita penyakit pernapasan. Selain itu, dari segi ekonomi, Indonesia rugi hingga miliaran dolar. Bank Dunia pada 2014 memperkirakan bahwa Indonesia sudah rugi hingga 935 Dolar Amerika Serikat di sektor perdagangan dan pertanian akibat kebakaran di Provinsi Riau.

“Pemerintah yang saya pimpin, akan membangun Indonesia dengan memperhatikan lingkungan,” terang Jokowi, dilansir CNN Indonesia.

Melalui pidatonya, Jokowi mendukung penuh suksesnya Conference of Parties (COP 21). Meskipun demikian, upaya penanggulangan kebakaran hutan menjadi sangat sulit karena Indonesia sedang dilanda El Nino sehingga menyebabkan iklim Indonesia menjadi panas dan kering.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here