Home Berita Pilihan Walau Jadi Sasaran Selfie, Taman Bunga Eceng Gondok Bantul Tak Mungkin Rusak

Walau Jadi Sasaran Selfie, Taman Bunga Eceng Gondok Bantul Tak Mungkin Rusak

SHARE
Karsono, pemilik taman bunga eceng gondok bantul (foto: liputan6)
Karsono, pemilik taman bunga eceng gondok bantul (foto: liputan6)

Yogyakarta – Beberapa waktu lalu publik dihebohkan dengan keberadaan taman bunga Amarilis di Desa Beji, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta milik Sukadi yang rusak karena ulah pe-selfie liar. Taman bunga yang telah dikelola sejak tahun 2007 itu rusak hanya dalam waktu sekitar seminggu setelah gambarnya viral di internet.

Ternyata, masih di provinsi yang sama, ada taman bunga yang tidak kalah indah dengan taman bunga Amarilis di Desa Patuk, yakni taman bunga Eceng Gondok di Kabupaten Bantul. Taman bunga tersebut juga sering dikunjungi para remaja untuk berselfie ria.

Bedanya, taman bunga Eceng Gondok tersebut tidak mungkin rusak karena pengunjung tidak akan merangsek ke tengah-tengah hamparan taman bunga. Jelas saja, taman bunga ini terletak di atas genangan air. Memang, habitat bunga Eichhornia crassipes itu adalah di genangan air.

Pemilik taman bunga Eceng Gondok, Karsono, mengatakan bahwa bunga-bunga eceng gondok tumbuh dengan sendirinya setelah irigasi sawah macet dua tahun usai gempa besar tahun 2006. Sebelum gempa, lahan seluas 100 meter persegi itu ditanami padi.

Eceng gondok yang mulai tumbuh biasa digunakan untuk pakan ternak bebek dan ayam kalkun. Namun, ternyata, bunga eceng gondok berwarna ungu itu terlihat indah dan menarik perhatian orang-orang sekitar.

“Karena berbunga dan banyak pengunjung, jadi kami batasi kalau ingin diambil buat pakan ternak,” kata Karsono, dilansir Liputan6.

Para pengunjung yang ingin menikmati keindahan tanaman eceng gondok tidak dipungut biaya. Namun, mereka yang memarkirkan kendaraan akan ditarik biaya Rp 2.000,00. Jika kondisi hujan, pemilik taman bunga menyediakan ojek payung dengan biaya Rp 2.000,00.