Home Berita Pilihan Kebun Raya Baturraden Rusak Akibat Ulah Pe-Selfie Liar

Kebun Raya Baturraden Rusak Akibat Ulah Pe-Selfie Liar

SHARE
Kebun Raya Baturraden (foto: Detikcom)
Kebun Raya Baturraden (foto: Detikcom)

Banyumas – Libur panjang memang menjadi saat-saat menjelajah tempat wisata, apalagi yang lagi hits. Namun, insiden rusaknya Kebun Raya Baturraden di Banyumas ini seolah-olah mengulang kembali “tragedi” perusakan Kebun Bunga Amarylis milik Sukadi di Desa Patuk, Gunungkidul. Ulah selfie liar yang kebanyakan dilakukan oleh para remaja membuat bunga-bunga di Kebun Raya Baturraden rusak.

Meskipun kebun bunga sudah ditata rapi, diberi larangan menginjak, dan dipagari, para pemuda-pemudi tetap berusaha masuk ke area taman. Menurut Kartam, perawat taman bunga, sebagian besar pengunjung yang nekat walaupun sudah diperingatkan adalah pengunjung perempuan.

Ammy Rita Manulu, Kepala Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Baturraden, sangat menyayangkan tindakan pengrusakan kebun bunga. Meskipun animo pengunjung sangat besar, mereka tidak mengindahkan aturan dan merusak kebun.

“Kita sudah capek bikinnya. Biayanya juga besar. Jangan hanya karena kesenangan pribadi, kemudian merusak kepentingan umum,” kata Ammy kesal, dilansir Detikcom.

Kebun Raya Baturraden diresmikan pada Sabtu (19/12). Pada saat itu, bunga-bunga sudah rusak karena dikerumuni warga. Kerusakan yang terjadi saat itu langsung bisa diperbaiki karena tidak parah.

Pada liburan panjang lalu, jumlah pengunjung bisa mencapai 2.000 orang. Petugas yang ada kesulitan mengatur pengunjung. Padahal, mereka telah menggunakan pelantang suara untuk memperingatkan pengunjung yang masuk ke area terlarang.