Home Berita Pilihan Taman Laut Bunaken Terancam Rusak karena Sampah Plastik

Taman Laut Bunaken Terancam Rusak karena Sampah Plastik

SHARE
Taman Laut Bunaken (foto: indonesiaexplorer)
Taman Laut Bunaken (foto: indonesiaexplorer)

Manado – Taman Laut Bunaken, tempat wisata bawah laut yang berada di teluk Manado, Sulawesi Utara, terancam rusak parah karena banyaknya sampah plastik yang terbawa arus dari teluk Manado. Lima hingga sepuluh tahun mendatang, taman laut Bunaken bisa-bisa “habis”.

Dr. Ferol Warow, peneliti lingkungan Laut Teluk Manado dan Taman Laut Bunaken, Sabtu (16/1), menjelaskan bahaya kerusakan lingkungan ini dalam Diskusi Go and Save Bunaken. Selain itu, dia mengatakan bahwa Taman Laut Bunaken belum banyak memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar Bunaken dan masyarakat Manado. Warow mendesak kepada pihak-pihak yang bertanggung jawab untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat.

Dino Gobel, pemerhati wisata, merasa bahwa promosi Bunaken dan kenyataan sangat berbeda. Wisatawan pun merasa kecewa. Dengan demikian, slogan “Mari Jo Kamanado” oleh Gubernur Sulut tidak akan tercapai jika masalah sampah ini tidak dibenahi.

Dari segi jumlah wisatawan pun, wisatawan ke Taman Laut Bunaken terus menurun, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

“Kami memang merasa prihatin, karena kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah secara sembarangan tidak ada lagi,” kata Happy Korah, Kepala Dinas Pariwisata Sulut, dilansir Berita Satu.