Home Berita Pilihan Kemenkominfo Tetapkan Aturan Untuk Netflix Maret Mendatang

Kemenkominfo Tetapkan Aturan Untuk Netflix Maret Mendatang

SHARE
#NetflixEverywhere (foto: techinasia)
#NetflixEverywhere (foto: techinasia)

Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, mengatakan bahwa aturan untuk Netflix dan layanan sejenisnya akan dibuat Maret 2016 mendatang. Namun, setelah rancangan aturan selesai dibuat, rancangan tersebut akan dikonsultasikan terlebih dahulu dengan publik

“tapi ini bukan uji publik ya,” kata Rudiantara, Kamis (29/1), usai Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi 1 DPR, dilansir Kompas.

Rudiantara menambahkan bahwa kementeriannya akan berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait konten dan Kementerian Perekonomian terkait badan usaha.

“Bentuk aturannya nanti belum tentu Peraturan Menteri, bisa saja cuma Surat Keputusan Bersama dan yang mengeluarkan tak mesti Kemenkominfo,” lanjutnya.

Anggota Komisi 1 DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional, Budi Youyastri, mengatakan bahwa operator PT Telekomunikasi Indonesia seharusnya tidak bertindak sendiri dan menunggu komando dari Kemenkominfo sebelum memblokir layanan Netflix. Selain itu, dalam rapat dengar pendapat itu, Budi mendesak Kemenkominfo segera membuat aturan tentang layanan over the top seperti Netflix dan meminta Telkom membuka pemblokiran Netflix.

“Argumen penutupan Netflix tidak bisa dibenarkan kecuali atas perintah Kemenkominfo,” kata Budi.

Menanggapi hal itu, Menkominfo Rudiantara mengatakan bahwa tindakan Telkom wajar dipahami dari segi operasional bisnis. Meskipun pemblokiran bukan kebijakan nasional, Telkom telah mendapatkan konsekuensi bisnis dari keputusan mereka memblokir Netflix.

“Setelah ditutup kan muncul iklan dari kompetitor yang membuka,” kata Rudiantara.

Sementara ini, belum ada aturan yang bisa mewadahi Netflix. UU Perfilman tidak memadai dari segi prosedur sensor, sementara UU Penyiaran tidak mewadahi siaran menggunakan medium internet.

Rudiantara berencana berkoordinasi dengan pemangku-pemangku kepentingan untuk menyusun aturan baru. Mereka akan menganggap Netflix sebagai penyelenggara sistem elektronik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here