Home Berita Pilihan Pemprov DKI Kembangkan Sistem Online Layanan Pemakaman

Pemprov DKI Kembangkan Sistem Online Layanan Pemakaman

SHARE
Taman Pemakaman Umum (foto: Kompas)
Taman Pemakaman Umum (foto: Kompas)

Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah mengembangkan sistem online layanan pemakaman. Sistem ini telah diluncurkan dan bisa digunakan untuk mengecek ketersediaan lahan makam di 77 Tempat Pemakaman Umum di seluruh Jakarta.

Ratna Dyah Kurniati, Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman, mengatakan bahwa warga dapat mengakses di laman pertamananpemakaman.jakarta.go.id jika ingin mengurus lahan makam.

“Setelah melihat kapasitasnya secara online, nanti masyarakat tinggal datang ke Kasatlak Kelurahan untuk mengurus izinnya,” kata Ratna, Senin (1/2), dilansir Kompas.

Ratna yang ditemui di Balai Kota Jakarta itu mengatakan bahwa warga berhak memilih sesuai ketersediaan lahan. Setiap lahan dikenakan retribusi bervariasi, sekitar Rp 40.000,00 hingga Rp 100.000,00 per tiga tahun. Warga dapat mengetahui besar retribusi lahan makam secara online melalui laman yang sama.

Ratna juga menginformasikan bahwa laman online itu bisa digunakan untuk mengecek apakah warga sudah membayar retribusi serta tanggal terakhir berlakunya retribusi makam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here