Home Berita Pilihan Sebagian Besar Satwa TSTJ Jurug Butuh Pasangan

Sebagian Besar Satwa TSTJ Jurug Butuh Pasangan

SHARE
Taman Satwa Taru Jurug (surakarta.go.id)
Taman Satwa Taru Jurug (surakarta.go.id)

Surakarta – Pengurus Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) sedang pusing tujuh keliling memikirkan proses regenerasi hewan-hewan koleksi kebun binatang tersebut. Satwa kebun binatang memang seumur hidupnya terkurung. Tingkat kesejahteraan satwa TSTJ pun semakin menurun karena beberapa di antara mereka tidak mempunyai pasangan.

Bimo Wahyo Widodo, Dirut TSTJ, mengaku bahwa beberapa hewan koleksi tidak dalam kondisi sejahtera karena tidak mempunyai pasangan lawan jenis. Mereka jadi tidak bisa menyalurkan kebutuhan biologis dan berkembang biak.

“Kami sedang mengupayakan mencarikan pasangannya. Kami telah berkoordinasi dengan Persatuan Kebun Binatang Seluruh Indonesia untuk menjajaki kemungkinan pertukaran koleksi. Upaya mendatangkan pasangan selain memberikan kesejahteraan melalui pemenuhan kebutuhan biologis, juga bertujuan agar satwa bisa berkembang biak,” ujar Bimo, Selasa (2/2), dilansir Detikcom.

Saat ini, TSTJ mempunyai 53 jenis satwa dengan total satwa 263 ekor. Tiga ekor buaya di TSTj semuanya berjenis kelamin betina. Mereka telah bertahun-tahun tidak mempunyai pejantan.

Beruan madu, macan tutul, dan kudanil koleksi TSTJ seluruhnya berjenis kelamin betina. Sementara itu, lutuh hitam, unta, dan banteng seluruhnya jantan. Walaupun mereka mempunyai koleksi harimau Sumatra sepasang, mereka tidak bisa dikawinkan karena masih mempunyai garis keturunan.