Home Berita Pilihan Festival Jenang 2016 Meriahkan HUT ke-271 Kota Solo

Festival Jenang 2016 Meriahkan HUT ke-271 Kota Solo

SHARE
Festival Jenang 2016 (foto: Vivanews)
Festival Jenang 2016 (foto: Vivanews)

Surakarta – Festival Jenang 2016 yang diadakan di Kawasan Ngarsopuro, Surakarta, Rabu (16/2) kemarin diserbu warga Solo dan sekitarnya. Acara ini diselenggarakan oleh Yayasan Jenang Indonesia (YJI) untuk memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun Kota Solo ke-271.

Dalam acara bertajuk “Ragam Jenang Nusantara” itu, panitia dan peserta acara tidak hanya membagikan jenang khas Solo saja tetapi juga dari berbagai daerah. Ada jenang dari Kalimantan, Kepulauan Riau, Aceh, Papua, dll. yang juga dibagikan kepada masyarakat.

Menurut Slamet Raharjo, Ketua Dewan Pembina YJI, daerah-daerah selain Solo juga mempunyai makanan khas berjenis jenang. Yang membuat jenang-jenang dari berbagai daerah itu unik adalah cara penyajian dan bentuknya. Total ada 36 jenis jenang Nusantara yang dibagikan oleh 15 peserta.

Sebanyak 20.000 takir jenang dibagikan secara gratis kepada masyarakat pada hari itu. Jenang khas Kota Solo yang turut dibagikan antara lain Jenang Mutiara, Jenang Grendul, Jenang Sum-sum.

“Ragam jenang khas Solo tidak ketinggalan kami hadirkan. Harapannya, masyarakat lebih mengenal makanan khas yang asli lahir di Kota Solo,” kata Slamet, dilansir Timlo.Net.

Masyarakat Solo sangat antusias menyambut Festival Jenang 2016 ini. Buktinya, mereka datang sejak pagi sebelum acara dimulai. Mereka berkerumun di stan-stan jenang sambil mengincar jenang favorit.

Acara Festival Jenang 2016 dibuka dengan tarian tradisional dari berbagai daerah di Nusantara. Usai seremoni pembukaan, warga langsung menyerbu stan. Tak lama kemudian, jenang-jenang yang disiapkan telah ludes dimakan warga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here