Home Berita Pilihan CASA Solo Jual Kacamata Gerhana Rp25 Ribu

CASA Solo Jual Kacamata Gerhana Rp25 Ribu

SHARE
Ilustrasi menonton gerhana matahari (foto: vivanews)
Ilustrasi menonton gerhana matahari (foto: vivanews)

Surakarta – Gerhana matahari, terutama gerhana matahari sebagian, sangat tidak dianjurkan dilihat langsung dengan mata tanpa pengaman. Kacamata dengan filter khusus diperlukan agar terhindar dari risiko retina mata rusak.

Sehubungan dengan gerhana matahari sebagian yang akan melintasi wilayah Surakarta pada Rabu, (9/3), Club Astronomi Santri Assalam (CASA) Solo menyediakan 2.300 kacamata berfilter neutral density (ND) 5 untuk mengamati gerhana. AR Sugeng Riyadi, Pengasuh CASA Solo, mengatakan bahwa Surakarta hanya mengalami gerhana matahari sekitar 83%.

“Sehingga, sebagian matahari tetap akan terlihat sehingga membahayakan mata jika menatap secara langsung,” ujar Sugeng, dilansir Tempo.

Filter ND 5 yang ada di kacamata tersebut mampu mereduksi sinar matahari hingga 100 ribu kali. Alat optik tersebut akan membuat mata menerima sinar matahari terlihat seperti lingkaran putih dengan sinar redup. Bahan pembuat kacamata itu didatangkan dari Bandung.

Kacamata ND 5 yang dibuat CASA Solo akan dipinjamkan kepada masyarakat yang ingin mengamati gerhana di observatorium Pondok Pesantren Modern Assalam Sukoharjo. Kacamata ini dijual Rp25 ribu untuk masyarakat yang ingin melihat gerhana matahari sebagian di rumah masing-masing. Sugeng mengatakan bahwa peralatan murah ini andal untuk pengamatan gerhana matahari.

“Ini peristiwa langka, mungkin terjadi seumur hidup, sehingga sangat sayang jika dilewatkan,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here