Home Gaya Hidup Presiden Perdamaian : Muncul di Demo Taksi, Rr Herawaty Rinto Paeran Ternyata...

Presiden Perdamaian : Muncul di Demo Taksi, Rr Herawaty Rinto Paeran Ternyata Bawa Misi Penting

SHARE
Presiden Perdamaian Rr Herawaty Rinto Paeran
Presiden Perdamaian Rr Herawaty Rinto Paeran

Jakarta – Demo taksi Bluebird dan Express yang tidak setuju dengan adanya angkutan umum berbasis aplikasi pada Selasa (22/3) kemarin ternyata menyisakan kisah unik. Sebuah foto yang beredar di dunia maya menangkap sesosok wanita paruh baya berdandan nyentrik dan mengenakan selempang bertuliskan “Presiden Perdamaian.” Publik bertanya-tanya siapakah wanita itu dan mengapa dia berada di tengah kerumunan demo sopir taksi.

Menurut dokumentasi wawancara oleh Sisca Spencer Hoky, Presiden Perdamaian yang tertangkap lensa kamera kemarin bernama asli Rr Herawaty Rinto Paeran. Dia telah menjadi “Presiden Perdamaian” sejak tahun 2000. Dikutip dari Kapanlagi, Herawaty mulai tampil di masyarakat sejak serangan bom Natal. Dia selalu tampil dengan dandanan maksimal dan selempang kebesarannya setiap kali ada kerusuhan atau demo.

Herawaty menganggap menjadi Presiden Perdamaian adalah mandat yang diberikan kepadanya. Dia yakin, dia diutus untuk menjaga aksi demo agar tidak menjadi rusuh dan kacau. Karena semangatnya itulah, dia ditunjuk sebagai Duta Perdamaian dari Universal Peace Federation pada tahun 2004 setelah bergabung dengan UFF sejak tahun 2002.

Saat ini, selain menjadi Presiden Perdamaian, Herawaty juga membuat Yayasan Perdamaian Universal. Dia juga pernah memberikan kuliah tentang perdamaian di beberapa universitas di Indonesia. Sehari-hari, dia bekerja sebagai kontraktor.

Mengenai penampilannya yang selalu nyentrik, Herawaty mengaku dia selalu menyesuaikan penampilannya dengan kondisi lapangan.

“Jenis kostum saya ganti-ganti, tergantung kondisi,” kata Herawaty saat diwawancarai Detik.

Kedatangan Herawaty selalu membuat suasana demo yang tadinya rusuh menjadi tenteram. Inilah misi penting yang dibawa Herawaty di setiap kemunculannya ke publik.