Home Dunia Angka Kriminalitas Makin Turun Bikin Penjara Belanda Kosong

Angka Kriminalitas Makin Turun Bikin Penjara Belanda Kosong

SHARE
Penjara Belanda yang berubah menjadi hotel (foto: psfk.com)
Penjara Belanda yang berubah menjadi hotel (foto: psfk.com)

Amsterdam – Angka kejahatan di Belanda diperkirakan turun 0,9% setiap tahun selama hingga lima tahun ke depan. Informasi demikian disampaikan oleh Kementerian Kehakiman Belanda, Senin (21/3).

Akibat angka kriminalitas yang semakin turun, sekitar sepertiga dari 13.500 sel penjara di seluruh Belanda tidak terisi. Jika dihitung, sekitar lima penjara kosong tidak ada narapidananya sama sekali. Penjara-penjara kosong itu akan benar-benar ditutup.

Jaap Oosterveer, juru bicara Kementerian Kehakiman Belanda, mengatakan bahwa kondisi kekosongan sel penjara itu akan terus bertambah. Bahkan, beberapa penjara yang sudah tutup ada yang menjadi hotel mewah.

“Dari sudut pandang sosial, tentu saja, hal ini sangat bagus karena menunjukkan angka kejahatan yang rendah. Namun, jika Anda bekerja di penjara, ini bukan kabar bagus,” tambah Oosterveer, dilansir Kompas.

Serikat Pegawai Penjara (FNV) memperkirakan bahwa 1.900 karyawan LP akan menganggur. Sekitar 700 orang lainnya akan menjadi karyawan “mobile” karena harus bekerja di beberapa penjara sekaligus.

Menurunnya jumlah narapidana ini disebabkan karena populasi warga Belanda yang menua. Mereka ini hampir tidak mungkin melakukan kejahatan. Selain fakta tersebut, sistem hukum Belanda kini tidak mendakwa kejahatan yang tidak menyebabkan korban. Sistem hukumnya juga lebih menitikberatkan kepada vonis pendek, rehabilitasi, program keterampilan, dan pembauran kembali dengan masyarakat.

Untuk mengatasi hal ini, sebenarnya  Pemerintah Belanda sudah mengupayakan solusinya. Salah satu di antaranya adalah menyewakan penjara Belanda untuk Belgia dan Norwegia. Namun, bayang-bayang PHK untuk para sipir penjara masih ada.