Home Berita Pilihan Uber dan GrabCar Sudah Legal

Uber dan GrabCar Sudah Legal

SHARE
GrabCar Lamborghini (foto: Kompas)
GrabCar Lamborghini (foto: Kompas)

Jakarta – Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika, mengatakan bahwa perusahaan Uber dan Grab sudah berbadan hukum dengan status Perseroan Terbatas (PT). Rudiantara mengaku lega masalah yang melatarbelakangi kontroversi antara perusahaan angkutan konvensional dengan perusahaan angkutan berbasis online beberapa waktu lalu bisa diakhiri.

“Grab dan Uber sudah berbentuk PT sekarang setelah berkoordinasi dengan BPKM. Makanya saya tenang sekarang. PT mereka nanti bekerjasama dengan koperasi yang punya izin transportasi,” kata Rudiantara, dilansir CNN Indonesia.

Kedua perusahaan sedang dalam masa transisi dua bulan dari tanggal (24/3) hingga (31/5). Masa ini digunakan untuk memenuhi aturan yang diminta pemerintah. Mereka harus memenuhi aturan ini agar bisa tetap beroperasi.

Grab dan Uber harus membuat badan usaha tetap, menjalin kerja sama dengan perusahaan rental atau koperasi yang menyediakan mobil angkutan. Kemudian, mitra kedua perusahaan harus mendaftarkan mobil yang digunakan untuk mengangkut penumpang dan menjalani beberapa prosedur.

Mobil mitra Uber dan Grab harus menjalani proses pendaftaran dan uji kelaikan kendaraan. Pengemudi harus mempunyai SIM A Umum.

Rudiantara menambahkan, seluruh proses transisi ini akan diberikan izinnya oleh Dinas Perhubungan. Sebelum tenggat waktu pemenuhan syarat-syarat, kedua layanan diperbolehkan beroperasi namun tidak boleh mengadakan ekspansi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here