Home Berita Pilihan Wacana Reshuffle Kabinet 30% Benar

Wacana Reshuffle Kabinet 30% Benar

SHARE
Tjahjo Kumolo (foto: Liputan6)
Tjahjo Kumolo (foto: Liputan6)

Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa sekitar 30% dari nama-nama menteri yang masuk dalam bursa perombakan kabinet bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Namun, dia menyampaikan bahwa dirinya tidak mengetahui asal sumber catatan reshuffle yang telah tersebar itu.

Ditanyai lebih jauh oleh media, Tjahjo hanya menjawab bahwa menteri adalah pembantu presiden. Seorang menteri tidak boleh memiliki agenda pribadi namun harus menjalankan visi dan misi Presiden.

“Harus satu komando dalam melaksanakan perintah garis kebijakan pemerintahan Bapak Presiden Joko Widodo,” tegasnya, dilansir Berita Satu.

Sebelumnya, Pramono Anung, Sekretaris Kabinet, mengatakan bahwa Presiden selalu memantau setiap informasi yang berkembang di publik, apalagi tentang perombakan kabinet. Senada dengan Tjahjo, Pramono tidak menjamin kebenaran catatan nama-nama menteri yang akan dirombak.

Presiden RI Joko Widodo meminta semua menterinya untuk fokus bekerja daripada menjawab pertanyaan mengenai perombakan kabinet. Tidak boleh ada yang mendikte atau mengintervensi kerja kabinet.