KRD Prameks akan Segera Diganti KRL Solo-Kutoarjo

KRD Prameks akan Segera Diganti KRL Solo-Kutoarjo

SHARE
Kereta Api (foto: wikipedia)
Kereta Api (foto: wikipedia)

Yogyakarta – Kereta Rel Listrik (KRL) relasi Solo-Yogyakarta-Kutoarjo siap menggantikan keretea rel diesel (KRD) Prambanan Ekspress. Hendy Helmi, Executive Vice President (EVP) PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta, pada Jumat (8/4), mengatakan bahwa kemungkinan nama Prameks masih dipakai karena telah dikenal oleh masyarakat. Namun, mereka mengganti armada kereta dengan KRL.

Hingga kini, KRD Prameks masih beroperasi padahal sudah tidak efektif. Biaya perbaikan KRD Prameks kini lebih besar dibandingkan dengan pendapatan yang diperoleh.

Saat ini, kondisi KRD Prameks sudah sangat tua. Namun, PT KAI masih memaksakan layanan ini untuk dioperasionalkan karena masyarakat masih sangat membutuhkan sementara belum ada kereta pengganti. Setiap harinya, Prameks mengangkut sekitar 6.000 penumpang. Seharusnya, Prameks mengangkut sekitar 10.000 penumpang per hari.

Sekitar 8.000 tiang listrik sudah dibangun di Solo Jebres. Tiang-tiang itu akan digunakan untuk mengalirkan listrik. Sedangkan jalur relnya menggunakan jalur yang sudah ada untuk dibangun lagi sesuai kebutuhan KRL.

“KRL membutuhkan listrik 1,5kVA. Dengan spesifikasi yang sama, maka akan bisa didukung armada dari Jabodetabek,” katanya, dilansir Tempo. Spesifikasi ini tidak jauh berbeda dengan KRL yang ada di Jabodetabek.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY