WNA Singapura, William Marie Chong, Dapat Gelar Bangsawan Keraton Surakarta

WNA Singapura, William Marie Chong, Dapat Gelar Bangsawan Keraton Surakarta

SHARE
Suasana pemberian gelar di Bangsal Smarakata tahun 2013 (foto: soloblitz)
Suasana pemberian gelar di Bangsal Smarakata tahun 2013 (foto: soloblitz)

Surakarta – William Marie Chong, Warga Negara Asing (WNA) asal Singapura, termasuk salah satu di antara orang-orang yang mendapatkan gelar bangsawan Keraton Surakarta dalam rangka menyambut tinggalan jumenengan (peringatan kenaikan tahta Paku Buwana XIII) tahun ini. Sebanyak 200 tokoh masyarakat diwisuda sebagai abdi dalem keraton mulai Minggu (1/5) hingga Senin (2/5). Sesi wisuda dibagi dalam empat sesi.

Para penerima gelar Keraton Surakarta adalah mereka yang dinilai berjasa terhadap keraton, terutama dalam hal pelesatarian budaya Jawa. Kabar bahwa ada WNA yang mendapatkan gelar bangsawan dibenarkan oleh Pengageng Sasana Wilapa, GKR Wandansari Koes Moertijah (Gusti Moeng).

Pada Senin (2/5), William Marie Chong menerima kekancingan (semacam piagam) di kompleks keraton tepatnya di Sasana Handrawina. Gelar bangsawan yang disematkan kepada William adalah pangkat Kanjeng Raden Aryo (KRA).

“Sebagai Pengageng Sasana Wilapa saya mengucapkan selamat atas bergabungnya Mr William menjadi kerabat Keraton Surakarta. Kami semua menyambut baik kehadirannya,” kata Gusti Moeng yang juga adik kandung Paku Buwana XIII, dilansir Berita Satu.

Prosesi wisuda abdi dalem ini dilaksanakan di Bangsal Kasentanan dengan dipimpin oleh Pengageng Kusuma Wandawa KGPH Puger. Sementara di Bangsal Smarakata, Pengageng Karti Praja KPH Kusumo Sangkoyo adalah orang yang menyerahkan kekancingan kepada tokoh-tokoh masyarakat yang ditunjuk.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY