Home Berita Pilihan Situs Diretas Lagi, Anggota KPAI Tak Gentar

Situs Diretas Lagi, Anggota KPAI Tak Gentar

SHARE
Situs KPAI Diretas Lagi
Situs KPAI Diretas Lagi

Jakarta – Situs Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) kembali diretas pada Senin (3/5) dinihari. Pada laman data.kpai.go.id, ditemukan pesan “Hey Ladies, you were hacked.” Di laman tersebut, terdapat gambar kartun dan tulisan “pwnz by shu feat i3r_cod3, #SalahTangkap #SalamExplosion.”

Well played KPAI, udh gak tau sistem rating, gak tau pula forensik. Wong udh jelas2 ada codename ‘SKEPTIX’ kok merember ke Maniak K4sur.”

Codename SKEPTIX yang dibicarakan oleh sang peretas mengacu pada pesan yang ditinggalkan peretas sebelumnya pada Minggu (1/5). Saat itu, laman depan situs kpai.go.id berubah menjadi hitam. Peretas meninggalkan pesan berupa nama-nama dan pesan kepada KPAI untuk memperbaiki keamanan situs sebelum berbicara tentang game.

Situs data.kpai.go.id kini sudah bisa diakses dengan normal. Sebelumnya, situs ini sempat tidak bisa diakses selama lebih dari enam jam.

Menanggapi upaya peretasan ini, Ketua KPAI, Asrorun Niam Sholeh menyatakan tidak gentar dengan ancaman pihak-pihak yang tidak menyukai sikap KPAI yang mendukung pemblokiran beberapa video game.

Peretasan tersebut adalah ancaman bagi KPAI sebagai organisasi negara. Masyarakat umum juga terancam karena berhak mendapatkan informasi.

“Namun, KPAI tidak akan takluk dengan penjahat perlindungan anak,” ujar Niam, dilansir Republika.

Anggota KPAI langsung menghubungi Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, sebagai langkah perbaikan dan peningkatan keamanan. Selama situs KPAI diretas, kerugian dialami oleh organisasi, masyarakat, dan negara. Masyarakat yang mempunyai kepentingan dengan KPAI tentunya dirugikan karena tidak dapat mengakses informasi yang dibutuhkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here