Home Berita Pilihan Tak Lunasi Pajak Rp43 Miliar, Pengusaha SDH Disandera

Tak Lunasi Pajak Rp43 Miliar, Pengusaha SDH Disandera

SHARE
Pengusaha SDH (kaos bergaris merah), foto: detikcom
Pengusaha SDH (kaos bergaris merah), foto: detikcom

Surakarta – SDH (69), seorang pengusaha distributor gula pasir dan tepung terigu, disandera Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) II Jawa Tengah. SDH dianggap tidak beritikad baik untuk melunasi utang pajak senilai Rp43,04 miliar.

Kanwil DJP II Jateng di Surakarta bekerja sama dengan KPP Pratama Surakarta untuk menyandera SDH. Kemudian, SDH dibawa ke Rutan Kelas 1 Surakarta.

Lusiani, Kepala Kanwil DJP II Jateng, mengaku telah mendapat surat izin dari Menteri Keuangan untuk menyandera SDH.

“Kita titipkan di Rutan Klas 1 Surakarta selama enam bulan dan bisa diperpanjang. Jika nantinya yang bersangkutan bisa melunasi hutang pajaknya maka dia akan dibebaskan. Proses sebelum disandera cukup panjang karena melewati tahapan penyitaan, pemblokiran rekening, pencegahan, hingga akhirnya disandera,” Ujar Lusiani kepada wartawan, Jumat (27/5), dilansir detikcom.

Kasus pajak SDH adalah tunggakan tahun 2008 sejumlah lebih dari Rp21 miliar yang diketahui pada pemeriksaan tahun 2012. SDH keberatan dan mengajukan banding. Namun, Pengadilan Pajak menolak banding dari SDH. Konsekuensi dari persidangan banding yang ditolak itu mengharuskan SDH untuk membayar tunggakan dan denda sebesar 100% nilai tunggakan. Total SDH harus membayar Rp43,03 miliar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here