Home Berita Pilihan Vaksin Palsu Sudah Beredar 13 Tahun Lamanya, YLKI : Ini Membunuh Generasi...

Vaksin Palsu Sudah Beredar 13 Tahun Lamanya, YLKI : Ini Membunuh Generasi Bangsa

SHARE
vaksin palsu (foto: okezone)
vaksin palsu (foto: okezone)

Jakarta – Kasus vaksin palsu yang mulai sedikit demi sedikit terkuak ternyata membawa fakta mencengangkan. Peredaran vaksin palsu diduga telah berlangsung selama 13 tahun terakhir.

Menanggapi hal ini, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyayangkan hal ini seraya menyatakan bahwa vaksin palsu secara tidak langsung membunuh generasi bangsa.

Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian YLKI, Senin (27/6), menyatakan bahwa persoalan ini harus menjadi catatan penting bagi Kementerian Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Peredaran vaksin palsu sejak 2003 itu berarti pengawasan tidak dijalankan secara optimal.

“Ini bukti nyata bahwa pengawasan yang dilakukan oleh Kemenkes dan BPOM sangat lemah, tidak melakukan pengawasan optimal,” ketusnya, dilansir Berita Satu.

Tulus mendesak aparat yang berwenang memberikan sanksi hukuman seberat-beratnya kepada para pelaku sesuai aturan yang berlaku. Dia ingin hukuman yang diterima mereka tegas agar memiliki efek jera.

Sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Tipideksus) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri telah menangkap 10 orang pemalsu vaksin di tempat yang berbeda-beda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here