Home Berita Pilihan Artem Vaulin, Pemilik Situs Torrent Kickass, Ditangkap FBI

Artem Vaulin, Pemilik Situs Torrent Kickass, Ditangkap FBI

SHARE
Artem Vaulin (sumber: http://kickasstorrents.website/)
Artem Vaulin (sumber: http://kickasstorrents.website/)

Warsawa – Artem Vaulin, pemilik situs torrent Kickass, ditangkap FBI di Polandia pada Rabu (20/7). Dia ditangkap di Polandia setelah FBI diduga menelusuri keberadaan Artem dari transaksi pemasangan iklan di Kickass Torrent. Atas penangkapan ini, pemerintah Amerika Serikat menutup situs berbagi pakai tersebut.

Vaulin, pria asal Ukraina, ditaksir mempunyai pendapatan 17 juta Dolar AS dalam sebulan hanya dari situs tersebut. Kickass Torrents adalah situs penyimpanan ribuan database berkas-berkas ilegal yang bisa diunduh gratis oleh semua anggotanya.

Meskipun situs favorit para leecher, sebutan untuk pengunduh berkas Torrent, itu ditutup, kurang dari 24 jam kemudian telah muncul situs serupa yang merupakan mirror (salinan) dari Kickass Torrents. Situs salinan tersebut dibuat oleh isoHunt. Akan tetapi, situs bayangan ini tidak memiliki forum yang menjadi keunggulan dari situs KAT yang asli.

Ini bukan kali pertama isoHunt “menyelamatkan” komunitas pencinta bajakan. Pada Desember 2014, isoHunt juga membuat salinan situs The Pirate Bay (TPB). Situs TPB yang juga merupakan favorit para pencinta berkas torrent itu berhenti beroperasi setelah pemiliknya ditangkap di Swedia.

KAT dan TPB mengulang kejadian situs berbagai file ilegal Megaupload yang dibekukan pada tahun 2012. Pemilik Megaupload, Kim Dotcom, digugat 500 juta Dolar AS atas tuduhan pelanggaran hak cipta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here