Home Berita Pilihan Praktik Pemalsuan Kartu BPJS Telah Berlangsung Setahun Lamanya

Praktik Pemalsuan Kartu BPJS Telah Berlangsung Setahun Lamanya

SHARE
Kartu BPJS Kesehatan palsu (foto: detikcom)
Kartu BPJS Kesehatan palsu (foto: detikcom)

Bandung – Tindak kejahatan pemalsuan kartu peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, ternyata sudah berlangsung selama setahun.

“Ana Sumarna (42) warga Kota Cimahi yang menjalankan kejahatannya mengatasnamakan Yayasan Rumah Peduli Dhuafa, mencetak kartu palsu BPJS Kesehatan sejak tanggal 14 Juli 2015 sampai dengan sekarang,” kata Kapolres Cimahi, AKBP Ade Ary Syam Indradi, Senin (25/7), dilansir Antara.

Tersangka telah membuat kartu BPJS palsu untuk 175 KK. Sementara yang telah mendaftarkan diri ke Yayasan Rumah Peduli Dhuafa adalah 810 KK. Para korban berasal dari dua desa yakni Desa Kertamulya di Padalarang, Bandung Barat, dan Desa Kertajaya di Jayamekar, Ciburuy.

Terkait pemrosesan kasus penipuan, Ade mengatakan bahwa pihaknya masih dalam proses mengumpulkan keterangan dari saksi, pelapor, dan tersangka. Pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak BPJS Kesehatan terutama wilayah Bandung Barat dan Cimahi untuk mengungkap kasus pemalsuan secara tuntas.

Motif yang digunakan pelaku adalah menawarkan kartu BPJS seumur hidup dengan hanya membayar Rp100.000,00 per orang. Tawaran itu membuat banyak warga tertarik dan minta dibuatkan kartu BPJS Kesehatan. Tersangka kemudian mendaftarkan nama warga calon peserta BPJS Kesehatan secara online melalui situs resmi tetapi tidak menuntaskan tahapan pendaftarannya.

Kemudian, tersangka membuat sendiri kartu BPJS. Nomor pesertanya dibuat secara acak tidak sesuai dengan BPJS resmi.

Dari penangkapan tersangka, polisi menyita kuitansi pembayaran, sebendel berkas pendaftaran BPJS, lembaran blanko BPJS hasil print, dan dua kartu peserta BPJS palsu. Tersangka kini ditahan di Polres Cimahi sambil menunggu pemeriksaan lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here